Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 39 (Usia Janin 38 Minggu)

Janin :
Berat bayi Anda lebih sedikit dari 7 pon (3,25 kg). Pada minggu ini, panjang dari kepala ke bokong sekitar 14,4 inci (36 cm). Total panjang bayi Anda 21,5 inci (48 cm).


Tali pusat bayi memiliki panjang sekitar 50 cm sehingga dapat terjadi lilitan tali pusat pada tubuh bayi mengingat bayi Ibu yang sudah besar dan mengambil hampir seluruh ruang yang tersisa di rahim. Seluruh organ tubuh bayi siap berfungsi sempurna sekarang.

Ibu :
Jika Anda mengukur dari simfisis pubis ke bagian atas rahim, jaraknya 14,4 sampai 16 inci (36 sampai 40 cm). Pengukuran dari pusar anda, jaraknya 6,4 sampai 8 inci (16 sampai 20 cm).

Ibu mungkin sudah merasa sangat tidak nyaman saat ini. Perasaan tekanan pada rongga panggul semakin besar. Ibu hampir berada di akhir kehamilan. Jangan panik apabila bayi belum juga lahir sampai akhir minggu ini. Hanya 4% bayi yang lahir sesuai dengan perkiraan tanggal kelahiran. Bersantailah dan tenangkan pikiran, pergi jalan-jalan dengan pasangan Ibu.

Kebanyakan wanita akan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kg segera setelah melahirkan (bayi seberat 3,5 kg, plasenta 0,5 kg, darah dan cairan amnion 1 kg). Setelah melahirkan, Ibu akan mengeluarkan lokia atau selaput yang ada di rahim Ibu. Lokia ini awalnya bercampur dengan darah sehingga berwarna merah seperti darah menstruasi lalu perlahan-lahan menjadi berwarna kekuningan atau keputihan sebelum akhirnya berhenti.

Emosi Ibu mungkin saja naik turun setelah melahirkan atau mengalami sindrom ‘baby blues’. Ibu akan mudah sedih, lelah, tidak dapat tidur, dan cemas. Masalah emosional ini akan berlalu dalam 2-3 minggu ke depan.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar