Laman

Jumat, 09 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 31 (Usia Janin 29 Minggu)

Janin :
Bayi Anda terus bertumbuh. Beratnya sekitar 3,5 pon (1,6 kg), dan panjang dari kepala ke bokong yaitu 11,2 inci 928 cm). Panjang totalnya 18 inci (40 cm).


Pertumbuhan janin sudah mulai melambat saat ini, namun meskipun melambat, perkembangan dari organnya akan terus terjadi sampai mencapai tahapan pematangan. Janin mulai dapat memutar kepalanya ke samping dan bergerak semakin banyak, termasuk pada saat Ibu sedang berusaha tidur. Jangan kesal dahulu, pergerakan janin ini menandakan janin aktif dan sehat.

Kulit janin sudah berwarna merah jambu saat ini dengan lapisan lemak di bawahnya. Kulitnya semakin terlihat sempurna seperti saat dia akan dilahirkan nantinya.

Ibu :
Pengukuran dari simfisis pubis lebih dari 12 inci (31 cm) ke bagian atas rahim. Dari pusar Anda, sekitar 4,4 inci (11 cm).

Pada trimester ini, rahim akan memenuhi hampir seluruh bagian perut Ibu dan Ibu akan mulai merasakan adanya tekanan di bawah tulang iga. Ibu juga akan merasakan nyeri punggung lebih sering karena perut dan janin Ibu mengakibatkan peningkatan regangan dari otot di punggung. Asupan diet Ibu tetap harus diperhatikan, kebutuhan kalsium, protein, zat besi, dan asam folat. Kalsium perlu lebih diperhatikan karena proses osifikasi atau pengerasan pada tulang sedang berlangsung sampai akhir kehamilan dan kalsium diperlukan untuk perkembangan tulang tersebut.

Mungkin Ibu mulai mengalami perut yang tiba-tiba menjadi kencang. Kontraksi yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks umumnya terjadi pada paruh akhir masa kehamilan. Kontraksi berlangsung kurang lebih 30 detik, iregular, dan tidak nyeri. Berhati-hatilah apabila kontraksi terjadi teratur, lebih dari 4 kali dalam 1 jam (meskipun tidak nyeri), mungkin saja itu adalah tanda persalinan preterm (prematur). Apalagi jika diikuti dengan bercak vagina yang cair, kental, atau mengandung darah; nyeri atau keram pada perut; terasa adanya peningkatan tekanan pada panggul bagian bawah; dan nyeri punggung yang tidak seperti biasa.

Saat ini payudara Ibu mungkin mengeluarkan cairan yang disebut dengan kolostrum. Jika memang iya, maka Ibu dapat memakai bantalan (pad) di payudara agar baju Ibu tidak basah. Pilihlah bra dengan satu ukuran lebih besar. Ibu akan sangat berterimakasih dengan ruang ekstra ini apabila bra dipakai pada saat Ibu menyusui nanti.

Tip untuk Minggu 31 :
Memakai cincin dan arloji dapat menyebabkan masalah sirkulasi. Kadang cincin menjadi sangat sempit pada jari seorang wanita hamil sehingga harus dipotong oleh tukang emas. Beberapa wanita hamil membeli cincin yang murah dengan ukuran yang lebih besar untuk dipakai selama kehamilan. Atau Anda dapat memasang cincin Anda di rantai yang indah dan mengenakannya di leher Anda atau sebagai gelang.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar