Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 15 (Usia Janin 13 Minggu)

Janin :
Panjang dari kepala ke bokong janin pada minggu kehamilan ini adalah 4,1 sampai 4,5 inci (93 sampai 103 mm). Berat janin sekitar 1,75 ons (50 g). Hampir seukuran bola softball. Pada minggu 15 kehamilan (usia janin—13 minggu), bayi Anda mengisap jempolnya, mata berada di depan wajah tapi masih terpisah jauh.


Aktivitas janin saat ini adalah berlatih, berlatih, dan berlatih. Janin berlatih untuk bernapas, menghisap, dan menelan, bahkan tersedak agar fungsi sistim tersebut sempurna di kala lahir nanti. Janin mencoba untuk memindahkan cairan amnion (ketuban) lewat hidung dan saluran pernapasan atas untuk membantu kantung udara primitif di dalam paru-parunya agar berkembang. Kaki janin sekarang sudah tumbuh lebih panjang dari lengan. Meskipun kelopak matanya masih tertutup, janin sudah dapat merasakan sensasi cahaya. Apabila Ibu menyinari perut dengan senter, maka janin akan bergerak menjauhi cahaya. Tulang janin semakin mengeras dan menahan kalsium di dalamnya.

Ibu :
Anda dapat dengan mudah mengatakan anda hamil dengan perubahan dalam perut bagian bawah anda, yang mengubah cara berpakaian anda. Anda mungkin dapat merasakan rahim anda sekitar 3 sampai 4 inci (7,6 sampai 10cm) di bawah pusar anda.

Kehamilan anda mungkin tidak jelas terlihat orang lain bila anda mengenakan pakaian biasa. Tetapi anda menjadi terlihat bila anda mulai mengenakan pakaian hamil atau pakaian renang. Masih terlalu dini untuk merasakan gerakan, meskipun anda merasakan bayi anda bergerak dalam beberapa minggu berikutnya!

Peningkatan aliran darah ke hidung serta peningkatan pembuluh darah hidung dapat menyebabkan mimisan. Aliran darah yang meningkat ke wajah juga dapat menyebabkan flushing atau kemerahan di wajah. Minggu ini saat yang tepat untuk mengeratkan ikatan antara Ibu dan janin. Mulailah berbicara dengan janin Ibu, dengarkan murotal, bacakan dongeng cerita atau dengarkan musik. Berbicara dengan bayi sejak dalam kandungan dapat melatih untuk tidak canggung lagi untuk berbicara dengan bayi Ibu saat lahir nanti. Saat ini rahim Ibu berada di antara pusar dan tulang pubis (tulang kemaluan). Perubahan ini sebaiknya disesuaikan dengan cara mulai berburu pakaian hamil.

Jantung Ibu mulai meningkatkan pompa aliran darah sebanyak 20% untuk meningkatkan suplai oksigen ke janin. Jumlah ini akan terus meningkat sampai mencapai 30-50% di akhir kehamilan. Apabila tekanan darah Ibu meningkat selama kehamilan segeralah untuk mendiskusikannya dengan dokter Ibu. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat menurunkan suplai nutrisi dan oksigen untuk janin.

Tip untuk Minggu 15 :
Sebagian makanan yang biasa Anda makan mungkin membuat perut Anda sakit selama kehamilan. Anda mungkin perlu menggantinya dengan makanan bergizi lain.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar