Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 17 (Usia Janin 15 Minggu)

Janin :
Panjang bayi Anda dari kepala ke bokong adalah 4,4-4,8 inci (110 sampai 120 mm: 11 atau 12 cm). Berat janin berlipat ganda dalam 2 minggu dan sekitar 3,5 ons (100 g). Pada minggu ini, bayi anda seukuran telapak tangan anda. Kuku jari tangan bayi anda terbentuk sempurna. Bayi mulai mengumpulkan sedikit lemak.


Perbedaan besar terjadi. Lemak mulai terbentuk selama minggu ini dan minggu berikutnya. Juga disebut jaringan adiposa, lemak penting untuk produksi pana dan metabolisme tubuh.

Anda telah merasakan bayi anda bergerak, atau anda akan segera merasakan. Anda tidak akan merasakannya setiap hari. Saat kehamilan berkembang, gerakan menjadi makin kuat dan makin sering.

Tulang janin berubah dari kartilage (tulang rawan) menjadi tulang keras. Tali pusat yang menyambung ke plasenta semakin menguat dan menebal. Plasenta sendiri mengandung ribuan pembuluh darah yang menjamin suplai nutrisi dan oksigen untuk janin.

Lemak coklat janin mulai terbentuk dan akan berakumulasi sampai akhir kehamilan. Lemak ini akan menjaga kehangatan tubuh bayi setelah dilahirkan. Rahim yang cukup besar sekarang memungkinkan janin untuk lebih banyak menggerakkan kaki dan tangannya. Semua sistim organ janin sudah mulai berfungsi dan mendekati sempurna.

Ibu :
Rahim anda berukuran 1,5 sampai 2 inci (3,8 sampai 5 cm) di bawah pusar anda. Ibu sudah memiliki pembesaran yang sangat jelas di perut bawah. Seiring dengan pembesaran perut, pusat dari gravitasi Ibu berubah. Ibu mungkin sedikit merasakan ketidakseimbangan ketika berdiri. Coba hindari situasi yang memudahkan Ibu untuk jatuh. Pakailah sepatu hak rendah untuk mengurangi risiko jatuh. Apabila mata Ibu terasa kering atau lensa kontak Ibu terasa tidak nyaman, gunakanlah tetes air mata buatan.

Ibu mungkin merasakan terdapatnya perubahan di payudara, ukurannya mulai membesar, puting membesar, areola menghitam, dan terlihat gambaran vena di payudara. Perubahan ini adalah persiapan untuk menyusui. Hormon akan mempersiapkan produksi susu, lebih banyak darah mengalir ke payudara, dan kelenjar yang memproduksi susu sudah mulai berkembang.

Bintik hitam atau disebut kloasma terkadang muncul di wajah Ibu hamil, umumnya di dahi, hidung, dan pipi. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormonal. Setelah melahirkan nanti, bintik hitam tersebut akan menghilang.

Selama kehamilan, meningkatnya cairan vagina atau keputihan adalah normal. Cairan ini biasanya putih atau kuning serta agak kental. Hindari penggunaan celana dalam berbahan nilon, gunakan bahan katun serta jaga kebersihan vagina Ibu. infeksi pada vagina terjadi apabila terdapat cairan berwarna kuning atau hijau, berbau, gatal, dan panas. Jika Ibu mengalami hal tersebut maka berkonsultasilah ke dokter. Peningkatan aliran darah ke kulit dan otot sekitar vagina yang menyebabkan warna biru atau lembayung pada vagina disebut dengan Tanda Chadwick, merupakan tanda awal kehamilan.

Tip untuk Minggu 17 :
Jika anda mengalami kram kaki selama kehamian, jangan berdiri terlalu lama. Bersandarlah sesering mungkin. Olahraga peregangan yang hati-hati dapat membantu. Anda juga dapat mengompres daerah kram anda, tetapi jangan gunakan lebih dari 15 menit.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar