Laman

Kamis, 15 Desember 2011

Tips Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Assalamu'alaikum...

Kehamilan bagi seorang wanita merupakan kebanggaan tesendiri, tetapi saat kehamilan semakin membesar mulailah timbul berbagai masalah dengan kebiasaan yang mungkin akan sedikit mengganggu misalnya tidur yang tak lagi nyenyak. Padahal dengan kondisi kehamilan seperti ini, tidur sangat dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu mencapai tidur nyenyak:

  1. Batasi minum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda..baik pagi maupun sore, ataupun malam menjelang tidur.
  2. Hindari makan atau minum yang terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur malam.
  3. Atur jam tidur sehingga menjadi rutinitas setiap hari, jam berapa beranjak tidur dan jam berapa bangun pagi.Hindari aktifitas fisik yang berat sebelum tidur.
  4. Ikuti kelas Yoga atau relaksasi sehingga Anda bisa relaks setelah menjalani hari-hari yang padat/sibuk.
  5. Bila Anda sering merasa tak nyenyak tidur karena cemas menghadapi persalinan, coba mendaftarkan diri pada kelas persiapan kelahiran.
  6. Bila Anda tetap merasa tak bisa tidur nyenyak dan terjaga, coba melakukan hal-hal sederhana seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton teve, atau hal-hal lain yang Anda sukai.
  7. Bila memungkinkan cobalah tidur siang sekitar 30-60 menit untuk menebus waktu tidur malam yang belum terbayar.
  8. Untuk posisi yang nyaman, cobalah tidur dengan posisi menyamping/miring dan lutut sedikit ditekuk. Posisi ini juga membuat kerja jantung lebih mudah. Beberapa dokter menyarankan ibu hamil berbaring menghadap ke kiri. Posisi ini membantu menjaga rahim dari tekanan organ-organ tubuh lain. Tidur miring ke kiri juga meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan memungkinkan untuk mudahnya aliran darah menuju rahim, ginjal, dan janin.
  9. Pelan-pelan saja saat mengubah posisi tubuh yang tengah berbaring.
  10. Gunakan beberapa bantal yang nyaman untuk mengganjal kepala, perut, pungggung, serta kaki.


Nah, mungkin tips di atas bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar