Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 19 (Usia Janin 17 Minggu)

Janin :
Panjang janin Anda dari kepala ke bokong adalah 5,2-6 inci (13-15 cm) pada minggu ini. Berat badan bayi Anda sekitar 7 ons (200 g). Menakjubkan, berat bayi Anda akan meningkat lebih dari 15 kali antara sekarang dan persalinan!


Perkembangan sensorik dari janin semakin bertambah. Otak janin akan mengembangkan area untuk penciuman, indera rasa, pendengaran, penglihatan, dan sensasi raba. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa janin sudah dapat mendengar suara sekarang, jadi berbicaralah baik Ibu maupun Bapak untuk semakin menguatkan ikatan batin dengan janin. Janin Ibu akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Ibu berusaha untuk tidur.

Lapisan menyerupai lilin yang menyelubungi tubuh janin disebut vernix kaseosa mulai terbentuk di seluruh kulit janin. Lapisan ini berwarna putih dan berminyak. Verniks berfungsi melindungi kulit janin dari cairan amnion. Tanpa verniks, kulit bayi akan terlihat keriput saat lahir.

Ibu :
Anda dapat merasakan rahim anda sekitar 0,5 inci (1,3 cm) di bawah pusar anda. Total penambahan berat badan anda pada saat ini antara 8 dan 14 pon (3,6 dan 6,3 kg). Pada berat badan ini, hanya sekitar 7 ons (200 g) adalah bayi anda! Berat placenta sekitar 6 ons (170 g); berat air ketuban 11 ons (320 g). Berat rahim 11 ons (320 g). Berat payudara anda meningkat sekitar 6,3 ons (180 g).

Kaki Ibu akan terlihat membengkak juga karena akumulasi dari air dan relaksasi dari ligamen di tubuh. Kemerahan di telapak tangan juga didapatkan akibat peningkatan hormon estrogen, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Banyak Ibu hamil khawatir berhubungan seksual akan menyakiti janin mereka. Jawabannya adalah tidak. Hubungan seksual aman di semua tahapan kehamilan. Namun keinginan berhubungan seksual berfluktuasi tergantung dari kecemasan, rasa lelah, pembesaran rahim, dan perubahan hormonal. Bicarakanlah secara terbuka dengan pasangan mengenai hal tersebut.

Tip untuk Minggu 19 :
Ikan dapat menjadi pilihan makanan yang menyehatkan selama kehamilan, tetapi jangan makan ikan hiu, ikan todak, atau tuna (segar atau beku) lebih dari seminggu sekali.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar