Laman

Jumat, 09 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 30 (Usia Janin 28 Minggu)

Janin :
Berat bayi Anda sekitar 3 pon (1,35 kg). Panjang dari kepala ke bokong sedikit lebih dari 10,8 inci (27 cm), dan panjang total 17 inci (38 cm).


Lapang pandang dan daya lihat janin semakin berkembang. Ketika janin membuka mata, janin hanya akan berespon terhadap cahaya karena visusnya yang hanya 20/400 (orang dewasa normal memiliki visus 20/20) sehingga hanya dapat mengenali objek beberapa cm saja dari wajahnya. Janin akan terus menumpuk lemak di tubuhnya yang akan membuat kulit janin lebih halus dan menjaga kehangatan tubuh janin saat lahir nanti.

Janin Ibu berada dalam posisi menekuk-melingkar saat ini dengan lutut tertekuk, lengan dan kaki melintang, dan dagu menyentuh dada. Ini disebut dengan posisi janin. Seluruh panca indera janin sudah bekerja hampir sempurna. Apabila janin bergerak terlalu aktif karena suara yang keras maka perlahan usap perut Ibu, hal ini dapat membantu menenangkan mereka.

Ibu :
Pengukuran dari pusar Anda, rahim Anda sekitar 4 inci (10 cm) di atasnya. Dari simfisis pubis, bagian atas rahim anda sekitar 12 inci (30 cm).

Ibu mungkin merasa sedikit lelah beberapa minggu terakhir dan terutama karena mengalami kesulitan tidur. Ibu juga mungkin lebih ceroboh dari biasanya. Hal tersebut dapat dimengerti, bukan hanya karena pertambahan berat badan, namun kehamilan dan daerah sekitar perut yang berat dapat mengganggu konsentrasi Ibu. Hormonal juga menyebabkan relaksasi dari ligamen yang menyebabkan sedikit gangguan keseimbangan. Kombinasi antara keluhan yang tidak nyaman dan perubahan hormonal membawa emosi Ibu naik turun. Apabila hal ini tidak dapat teratasi maka bicarakanlah dengan dokter, depresi ketika masa kehamilan terjadi pada 1 dari 10 wanita.

Membran atau selaput yang berada di sekitar janin disebut dengan kantong kehamilan (amniotic sac). Di dalam kantung tersebut terdapat cairan ketuban yang umumnya tidak akan pecah atau merembes sampai saat persalinan tiba. Apabila cairn ketuban merembes sebelum waktunya maka segeralah ke Rumah Sakit. Membran tersebut melindungi janin dari infeksi. Dengan bocornya kantung maka infeksi akan mudah terjadi.

Tip untuk Minggu 30 :
Posisi tubuh yang baik dapat mengurangi tekanan punggung bagian belakang dan mengurangi beberapa sakit punggung. Mempertahankan posisi tubuh yang baik membutuhkan usaha, tapi berguna untuk mengurangi rasa sakit anda.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar