Laman

Jumat, 09 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 29 (Usia Janin 27 Minggu)

Janin :
Pada saat ini, berat bayi Anda sekitar 2,7 pon (1,25 kg). Panjang kepala sampai ke bokong yaitu 10,4 inci (26 cm). Panjang total janin adalah 16,7 inci (37 cm).


Otot dan paru janin semakin matang dan janin mengeluarkan air seni sekitar setengah liter ke cairan ketuban setiap harinya. Perhatikan selalu gerakan janin Ibu, apabila janin kurang aktif dari biasanya segera hubungi dokter. Ruang gerak janin semakin kecil karena janin bertumbuh semakin besar dan semakin besar. Pergerakan janin akan semakin berkurang saat ini, namun tidak menghilang dan Ibu masih tetap dapat merasakannya. Berat badan bayi laki-laki umumnya lebih berat dari perempuan. Dan setiap kali Ibu melahirkan, maka berat badan bayi tersebut akan lebih berat dari sebelumnya. Rata-rata berat badan janin adalah 2,5 kg – 3, 5 kg.

Testis dari janin laki-laki sedang berjalan turun ke skrotum (kantong kemaluan), dan klitoris (organ seksual pada wanita di daerah kemaluan) pada janin perempuan mulai terbentuk namun belum diliputi oleh labia minora (bibir vagina bagian dalam). Selain itu, ekstremitas bawah janin sudah terbagi antara lutut, tumit, dan kaki janin.

Untuk memenuhi kebutuhan janin, Ibu akan membutuhkan asupan protein, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Saat ini tulang janin sedang tumbuh dan membutuhkan banyak kalsium, karena itu pastikan Ibu minum susu (atau sumber kalsium lain seperti keju, yoghurt, jus jeruk) dalam jumlah cukup. Trimester ini, sekitar 250 mg kalsium dideposit setiap harinya untuk memperkuat tulang janin. Kelenjar adrenal mulai menghasilkan hormon yang disebut prolaktin. Prolaktin ini akan merangsang pembentukan kolostrum pada payudara Ibu yang akan memberikan nutrisi pada bayi di beberapa hari pertama kehidupannya.

Ibu :
Pengukuran dari pusar Anda, rahim Anda sekitar 3,5 sampai 4 inci (7,6 sampai 10,2 cm) di atasnya. Rahim Anda sekitar 11,5 inci (29 cm) di atas simfisis pubis. Jika Anda mengunjungi dokter Anda 4 minggu yang lalu, sekitar kehamilan minggu ke-25, Anda mungkin sekitar 10 inci (25 cm) pada saat itu. Anda telah bertumbuh sekitar 1,5 inci (4 cm) dalam 4 minggu. Penambahan berat total Anda pada minggu ini antara 19 dan 25 pon (8,55 dan 11,25 kg).

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar