Laman

Jumat, 09 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 32 (Usia Janin 30 Minggu)

Janin :
Pada minggu ini, berat bayi Anda hampir 4 pon (1,8 kg). Panjang kepala ke bokong lebih dari 11,6 inci (29 cm), dan panjang total 18,9 inci (42 cm).


Pertumbuhannya yang pesat akan semakin mengambil ruang di rahim. Ibu akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 0,5 kg/minggu dan kebanyakan diserap oleh janin. Janin akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 1/3 – ½ dari berat totalnya ketika dilahirkan selama 7 minggu ke depan. Janin saat ini memiliki kuku jari tangan dan kaki serta rambut. Kulitnya semakin lembut dan kerutan di kulitnya akan menghilang menjelang masa persalinan. Sistem kekebalan tubuh janin mulai terbentuk dan akan semakin diperkuat dengan asupan ASI ketika lahir nanti.

Sepuluh persen dari bayi dilahirkan sebelum minggu ke-37. Jadi apabila saat ini bayi dilahirkan prematur, maka mereka memiliki kesempatan untuk hidup cukup besar. Organ utama yang belum berkembang sempurna adalah paru-paru.

Ibu :
Pengukuran bagian atas rahim dari simfisis pubis sekitar 12,8 inci (32 cm). Pengukuran dari pusar Anda ke bagian atas rahim sekarang hampir 5 inci (12 cm).

Volume darah Ibu akan meningkat sekitar 30 – 50% di akhir kehamilan. Karena hal itulah terkadang terjadi pembengkakan pada tubuh yang normal terjadi selama kehamilan. Cairan ekstra ini akan masuk ke dalam jaringan tubuh Ibu. Saat rahim Ibu yang membesar menekan pembuluh vena yang berada di pelvis (panggul), darah yang berasal dari bagian bawah tubuh diblokir dan akhirnya cairan masuk ke dalam kaki Ibu. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan, sepatu terasa sempit, dan terkadang cincin maupun arloji juga terasa ketat di tangan. Apabila terjadi pembengkakan maka lepaskan semua benda yang dapat menghambat sirkulasi (cincin, arloji), jangan pakai pakaian yang ketat), dan hindari duduk dengan menyilangkan kaki Ibu.

Selama kunjungan prenatal, dokter akan memonitor tekanan darah, urin (air seni), pembengkakan yang terjadi, dan tanda-tanda penyakit lain seperti eklampsia atau IUGR. Beritahukanlah ke dokter Ibu keluhan apa saja yang Ibu alami dan perubahan sekecil apapun agar dapat dianalisa dengan baik.

Tip untuk Minggu 32 :
Kebutuhan anda akan kalori, protein, vitamin dan mineral meningkat jika anda mengandung leibh dari satu bayi. Anda perlu makan sekitar 300 kalori per hari lebih banyak per bayi untuk kehamilan normal. Untuk informasi bagaimana menambahkan 300 kalori.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar