Laman

Kamis, 08 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 27 (Usia Janin 25 Minggu)

Janin :
Berat bayi Anda lebih kecil dari 2 pon (1 kg), dan panjang dari kepala ke bokong sekitar 9,6 inci (24 cm) pada minggu ini. Panjang totalnya 15,3 inci (34 cm).


Janin makan dan tidur teratur, membuka dan menutup matanya, serta menghisap jarinya. Otak janin berkembang sangat progresif. Telinga janin masih diliputi oleh verniks kaseosa yang melindungi janin dari cairan ketuban sehingga suara yang mereka dengar masih berdengung. Apabila janin lahir minggu ini, kemungkinan bertahan hidup adalah 85% dengan bantuan medis.

Katarak dapat menjadi salah satu kelainan bawaan yang dibawa sejak lahir. Lensa yang seharusnya bening menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena genetik (keturunan) atau ditemukan pada bayi yang lahir dari Ibu yang mengalami campak jerman (rubela) pada minggu ke-6 atau ke-7.

Ibu :
Rahim Anda sekitar 2,8 inci (7 cm) di atas pusar Anda. jika diukur dari simfisis pubis, lebih dari 10,5 inci (27 cm) dari simfisis pubis ke bagian atas rahim.

Karena rahim semakin membesar dan sudah dekat dengan paru sekarang, maka paru-paru Ibu tidak dapat mengembang sempurna sehingga terkadang Ibu merasakan sedikit sesak napas.

Payudara Ibu sudah membesar sejak awal kehamilan dan semakin bertambah berat saat ini. Ingatlah untuk selalu memeriksa payudara setiap 4- 5minggu sekali. Selain payudara yang membesar, air seni yang merembes umum dialami oleh Ibu hamil. Pembesaran rahim akan menekan kandung kemih sehingga apabila terdapat peningkatan tekanan intraabdomen (perut) seperti tertawa, berolahraga, batuk, perubahan posisi, atau bahkan bergerak terlalu cepat dapat menyebabkan penekanan pada kandung kemih dan menyebabkan rembesan air seni. Karena itu ada latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul dan mengurangi inkontinensia urin (rembesan air seni) yaitu latihan Kegel.

Antara minggu 28 – 36 Ibu akan berkonsultasi setiap 2 minggu sekali dengan dokter Ibu. Satu bulan sebelum masa persalinan pertemuan ini akan meningkat menjadi 1 minggu sekali.

Tip untuk Minggu 27 :
Kelas pendidikan bersalin tidak hanya untuk pasangan. Kelas ini juga menawarkan untuk ibu tunggal atau untuk wanita hamil yang pasangannya tidak dapat datang ke kelas. Tanyakan dokter Anda mengenai kelas untuk Anda.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar