Laman

Kamis, 08 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 26 (Usia Janin 24 Minggu)

Janin :
Berat bayi Anda sekarang hampir 2 pon (910 g). Pada minggu ini, panjang dari kepala ke bokong sekitar 9,2 inci (23 cm).


Janin Ibu semakin bertambah gemuk. Apabila janin Ibu laki-laki, testis janin mulai turun dari perut menuju ke skrotum (kantung kemaluan). Apabila testis janin tidak turun maka akan terjadi kelainan yang disebut dengan undescendent testis.

Jaringan saraf pendengaran janin berkembang lebih cepat dan menjadi lebih sensitif saat ini. Janin dapat mendengar suara Ibu dan orang-orang yang berbicara di sekitarnya. Janin juga menginhalasi atau menghirup dan mengeluarkan sedikit cairan ketuban yang penting untuk perkembangan paru-parunya. Pergerakan pernapasan yang sudah mulai dipelajari janin berguna pada saat janin lahir dan menghirup udara untuk pertama kalinya. Mata janin yang sebelumnya tertutup sekarang mulai terbuka dan mengedip, namun pigmentasi pada iris tetap masih belum sempurna. Beberapa bulan terakhir mata janin masih tertutup sehingga retina dapat berkembang sempurna. Mata janin dapat memiliki berbagai macam warna (biru, coklat, hitam, hijau) tergantung etnis masing-masing.

Ibu :
Pengukuran rahim anda sekitar 2,5 inci (6 cm) di atas pusar Anda atau hampir 10,5 inci (26 cm) dari simfisis pubis. Selama pertengahan kehamilan kedua ini, Anda akan bertumbuh sekitar 0,4 inci (1 cm) setiap minggu. Jika Anda mengikuti perencanaan makanan yang bergizi dan seimbang, total penambahan Anda mungkin antara 16 dan 22 pon (7,2 sampai 9,9 kg).

Ibu mungkin sekarang sudah mulai sibuk menyiapkan segala kebutuhan bayi dari baju sampai kamar bayi. Jangan lupa tetap makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Dalam trimester kedua, orang-orang di sekitar Ibu juga sudah dapat merasakan gerakan janin.

Gizi tetap menjadi perhatian utama untuk perkembangan janin. Setiap hari usahakan Ibu makan satu porsi sayuran hijau, makanan atau jus yang kaya akan vitamin C, dan satu porsi makanan yang kaya akan vitamin A sebanyak 2700 IU (makanan yang berwarna kuning seperti ubi, wortel, blewah), vitamin B6, B9, dan B12 (susu, tempe, tahu, telur, pisang, kentang, alpukat), dan vitamin E (daging, minyak zaitun, biji gandum, bayam). Jangan lupa jaga selalu asupan cairan Ibu.

Tip untuk Minggu 26 :
Berbaringlah ke samping (samping kiri yang terbaik) saat anda beristirahat memberikan sirkulasi yang terbaik bagi bayi Anda. Anda tidak mengalami pembengkakan yang parah jika anda berbaring ke sebelah kiri selama hari itu.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar