Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

BINGUNG DENGAN ISTILAH POPOK KAIN (CLODI CLOTH DIAPERS) ?

Assalamu'alaikum...

Haloo ibu2 dan calon ibu..apakah Anda tau istilah popok kain atau clodi cloth diapers yang sedang ngetrend saat ini? Dan kenapa kita harus mengunakannya? saya akan mencoba berbagi ilmu untuk Anda... :)

CLODI singkatan dari Cloth Diapers atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah popok kain. Nah, popok kain ini bisa dicuci dan dipakai ulang, berbeda dengan disposable diapers atau yg dikenal dgn pampers yang sudah kita tau.


Popok merupakan kebutuhan utama bayi karena mereka belum bisa mengisyaratkan jika mereka ingin "pup" atau "pee", oleh karena itu dibutuhkan berlusin2 popok untuk menyerap pup atau pee nya trsbut. Nah, dengan kemunculan pampers dan dengan alasan kepraktisan, males repot, banyak ibu2 yang beralih dari popok kain ke pempers, padahal pampers lebih mahal, tidak ramah lingkungan karena menimbulkan penimbunan sampah dan bsa menyebabkan ruam popok.


Dan berawal dari kepedulian terhadap lingkungan dan dampak kesehatan penggunaan pampers (pospak) pada bayi, beberapa produsen membuat popok kain yang bisa dicuci ulang dengan daya serap yang hampir sama dengan pospak (pempers).

Nah, kini akan saya tunjukkan kelebihan dan kekurangan menggunakan pospak (pempers) dibanding dengan popok kain (clodi).

  1. POSPAK
  2. Kelebihan : praktis, karena hanya sekali pakai langsung dibuang. Kekurangan : Boros ; Tidak ramah lingkungan ; Memperlambat proses toilet training.
  3. POPOK KAIN (CLOTH DIAPERS)
  4. Kelebihan : Lebih irit untuk pemakaian jangka panjang dan bisa di wariskan ke adik2nya ; Lebih ramah lingkungan ; Resiko terkena ruam popok lebih sedikt karena popok yang basah bisa segera diketahui dan melatih anak belajar risih dari rasa basah tersebut ; Memanfaatkan rasa risih tsb membuat anak lebih cepat belajar toilet training. Kekurangan : Harus mengeluarkan rupiah lebih banyak untuk pertama kali ; Harus mencuci ; Harus sering mengecek kejenuhan daya serap clodi.

Kesimpulannya, cloth diaper lebih bermanfaat dibanding popok sekali pakai,,jadi Ayo ayah, bunda, ibu, mama, umi, abi....ganti pampers dengan cloth diapers. Mudah-mudahan dengan kontribusi ini, anak kita lebih sehat dan tentunya bumi kita lebih indah... ^_^

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar