Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 20 (Usia Janin 18 Minggu)

Janin :
Pada saat ini, panjang janin Anda dari kepala ke bokong adalah 5,6-6,4 inci (14-16 cm). Berat bayi Anda sekitar 9 ons (260 g). Janin semakin banyak menelan minggu ini, latihan yang baik untuk saluran pencernaannya. Janin juga sudah memproduksi mekonium, cairan kental berwarna hitam hasil produk sisa pencernaan.


Selama 10 minggu ke depan janin akan sangat aktif bergerak. Pergerakan akrobat dari janin ini akan terus terjadi sampai ruangan menjadi terlalu sempit bagi janin untuk berkembang. Pergerakan janin ini akan menjadi keseharian bagi Ibu. Kulit janin saat ini sudah terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan lapisan subkutis. Pembuluh darah dan saraf terdapat juga di dalamnya. Lapisan dermis sendiri terdiri atas lapisan lemak. Kulit janin akan semakin menebal.

Ibu :
Selamat Ibu! Ibu sudah melampaui separuh perjalanan kehamilan. Rahim Anda mungkin sudah berada pada pusar Anda. Dokter Anda telah melihat pertumbuhan dan pembesaran rahim Anda. Pertumbuhan pada saat ini mungkin tidak teratur tetapi biasanya menjadi lebih teratur setelah minggu kedua puluh.

Selama kehamilan, Ibu membutuhkan tambahan zat besi sebanyak 30 mg per hari dikarenakan peningkatan dari volume darah ibu hamil. Daging merah merupakan sumber terbaik untuk zat besi. Unggas, bayam, kismis, kuning telur, sayuran hijau, dan tahu juga banyak mengandung zat besi. Gabungan antara makanan yang mengandung vitamin C dengan zat besi dapat meningkatkan penyerapan zat besi lebih baik bagi tubuh.

Janin Ibu sudah memiliki pola tidur seperti layaknya bayi. Beberapa janin bahkan memiliki posisi tidur favorit dengan dagu menempel di dada, beberapa tidur dengan kepala mendongak (flung back). Jika janin Ibu laki-laki, testis janin Ibu sudah mulai turun dari rongga panggul ke dalam skrotum. Apabila janin Ibu perempuan, maka rahimnya sudah sempurna terbentuk dan sisa organ reproduksinya sedang dalam perkembangan. Mulai dari sekarang janin Ibu akan lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badannya, begitu juga Ibu.

Efek samping dari kehamilan adalah pertumbuhan kuku dan rambut yang lebih cepat. Rambut akan menjadi lebih tebal dan lebih sehat. Semua disebabkan karena hormon kehamilan dan juga peningkatan dari sirkulasi darah yang membawa nutrisi bagi rambut dan kuku. Setiap bulan Ibu akan diukur tekanan darahnya. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg sudah dapat dikatakan tinggi. Berkonsultasilah dengan dokter apabila tekanan darah Ibu mengalami peningkatan.

Tip untuk Minggu 20 :
Pemeriksaan USG dilakukan pada saat ini dapat menentukan jenis kelamin bayi anda, tetapi bayi harus bekerja sama. Jenis kelamin diketahui dengan melihat organ genitalnya. Walaupun jenis kelamin terlihat jelas, operator USG bisa melakukan kesalahan mengenai jenis kelamin bayi.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar