Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Kehamilan Anda di Trimester I (Minggu ke 0-12)

Assalamu'alaikum....

Kali ini saya akan membahas kehamilan dari mingu ke minggu yang mungkin bisa menjadi panduan Anda selama kehamilan. Bahasan ini saya ambil dari sumber yang bisa dipercaya baik dari buku, internet, dan tabloid.

Kehamilan dibagi menjadi tiga trimester, yaitu ;

  • Trimester I ( Minggu ke 0-12)
  • Trimester II (Minggu ke 13-27)
  • Trimester III (Minggu ke 28-40)

Tubuh Ibu akan banyak berubah dalam 3 bulan pertama kehamilan. Janin berkembang di dalam rahim Ibu, perasaan mual, nyeri punggung, lelah, perubahan mood, keram kaki, sering berkemih, dan konstipasi dapat terjadi di awal kehamilan. Ibu tidak usah khawatir karena semua kejadian ini normal dialami dalam kehamilan. Seiring dengan bertambahnya waktu, semakin besarnya kehamilan, maka keluhan ini perlahan-lahan akan menghilang. Makanlah asupan nutrisi yang bergizi karena trimester pertama adalah masa paling penting di dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Setiap kehamilan berbeda, dan kehamilan Ibu akan memiliki keunikan tersendiri.

Nah, sekarang kita bahas perkembangan kehamilan dari minggu ke Minggu agar lebih jelas :)

Minggu 1 & 2 (Kehamilan Dimulai)

Pada minggu ini kebanyakan belum menyadari jika dirinya hamil, karena tanda-tanda belum begitu jelas. Berikut ini Tanda-tanda dan Gejala-gejala Kehamilan :

  • Berhentinya menstruasi
  • nausea (mual), dengan atau tanpa muntah
  • Letih
  • Payudara berubah menjadi lunak
  • Sering buang air kecil

Minggu 3 (Usia Janin 1 Minggu)

Janin :
Embrio yang sedang tumbuh di dalam tubuh Anda masih sangat kecil. Pada titik ini, ia hanya berupa sekumpulan sel, tetapi sekumpulan sel ini tumbuh sangat cepat.

Ibu :
Pada minggu ketiga kehamilan ini, Anda tidak akan melihat perubahan apapun. Tidak banyak wanita tahu telah mengandung, karena Anda belum terlambat satu masa menstruasi.

Minggu 4 (Usia Janin 2 Minggu)

Janin :
Bayi Anda yang sedang berkembang masih sangat kecil. Ukurannya bervariasi antara 0,014 inci sampai sekitar 0,04 inci (0,36 - 1 mm)panjangnya.

Ibu :
Pada titik ini, kehamilan Anda belum terlihat sama sekali. Berat badan Anda belum bertambah, dan bentuk badan Anda juga beum berubah.

Tip Untuk Minggu 4 :
Asap tidak langsung bisa membahayakan wanita bukan perokok dan bayinya yang sedang berkembang. Mintalah mereka yang merokok untuk tidak merokok dekat Anda selama kehamilan.

Minggu 5 (Usia Janin 3 Minggu)

Janin :
Bayi Anda yang sedang berkembang belum banyak tumbuh. Panjangnya sekitar 0,05 inci (1,25 mm).

Ibu :

Pada saat ini, masih belum ada perubahan besar pada diri Anda, bahkan jika Anda tahu Anda hamil, orang lain belum akan melihat perubahan bentuk tubuh Anda.

Minggu 6 (Usia Janin 4 Minggu)

Janin :
Panjang dari ujung atas ke ujung bawah bayi ANda yang sedang berkembang antara 0,08 sampai 0,16 inci (2-4 mm).


Ibu :
Sekarang berat badan Anda mungkin sudah bertambah beberapa kilogram.Jika ANda mengalami nausea dan tidak mau makan dengan baik, berat badan ANda mungkin berkurang. Anda sudah hamil selama 1 bulan, sudah cukup waktu untuk melihat seberapa perubahan dalam tubuh Anda. Anda mungkin juga akan mengalami rasa panas dalam perut, mengidam, dan sembelit.

Minggu 7 (Usia Janin 5 Minggu)

Janin :
Ukuran janin di minggu ini sekitar 2 sampai 5 mm (diukur dr puncak kepala hingga pantat). Pertumbuhan paling pesat terdapat di kepala yaitu pada sel-sel otak yang bertambah sebanyak 100 sel per menit.


Rongga mulut dan lidah mulai terbentuk, begitu pula tonjolan lengan dan kaki. Mata yg tadinya tampak hanya seperti titik mulai bersiap membentuk lensa mata. lempeng telingan jg bersiap untuk menggembung & membntuk organ-organ bag.dlam yg berfungsi sbg alat pendengaran dan keseimbanga.

Rongga jantung hampir sempurna & mulai dialiri darah. Sekat-sekatnya terbntuk mulai minggu ke 6, lalu ke 7, hingga ke 8. Masa tiga minggu ini sangat menentukan apakah bayi yang lahir nantinya memiliki jantung yg sempurna atau jantung dg sekat tdk sempurna yg mrpakan kelainan jantung bawaan.

Cikal bakal organ pernafasan dan pencernaan jg mulai terbntuk. Berikut tulang dan otot, termasuk tonjol hidung. Peristiwa khas di mnggu ini, yaitu tangkai kantong kuning telur dan tangkai penghubung bersatu membentuk tali pusar.

Ibu :
Anda mungkin belum tampak hamil dan mungkin berat badan ANda bertambah seiring pertumbuhan bayi, tetapi berat badan ANda sebaiknya hanya bertambah beberapa kilo pada awal kehamilan ini. Payudara Anda membesar yang disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron. Mungkin Anda juga mual (tidak hanya di pagi hari) dan sering ingin buang air kecil. Makan dalam porsi kecil-kecil dan lebih sering amat dianjurkan untuk mengurangi rasa mual.

Tip untuk Minggu 7 :
Jika Anda mengalami kram kaki, jangan berdiri lama-lama dan beristirahaltalh dengan berbaring menyamping sesering mungkin.

Minggu 8 (Usia Janin 6 Minggu)

Janin:
Panjang bayi Anda dari ujung kepala sampai pantat adalah 0,56 sampai 0,8 inci (14-20 mm). Lipatan kelopak mata terbentuk pd wajah. Ujung hidung sudah ada, telinga mulai terbntuk bagian dlm maupun luarnya.


Pada jantung, katup aorta (batang nadi) dan paru-paru sudah ada. Saluran dari tenggorokan ke bagian paru-paru yang berfungsi bercabang. Daerah batang tubuh bertambah panjang dan mulai lurus. Siku sudah muncul, tangan dan kaki memanjang ke depan. Tangan tumbuh lebih panjang, tangan menekuk pada siku dan sedikit membelok di atas jantung. Berkas-berkas jari, yang menjadi jari tertakik dan berkas jari kaki muncul pada kaki.

Ibu :
Rahim Anda akan bertambah besar, tetapi mungkin belum cukup besar bagi Anda untuk terlihat berbeda. Anda akan melihat perubahan terhadap ukuran pinggang dan ukuran pakaian Anda.

Minggu 9 (Usia Janin 7 Minggu)

Janin :
Panjang embrio dri ujung kepala sampai pantat adalah 0,9 inci sampai 1,2 inci (22-30 mm). Tangan dan kaki bayi lebih panjang. Tangan melentur pada pergelangan tangan dan bertemu di atas daerah jantung. Tangan terus memanjang di depan tubuh. Jari-jari bretambah panjang, dan ujung-ujungnya agak membengkak serta telapak tanan mulai terbentuk. Kaki mendekati garis tengah tubuh dan mungkin akan cukup panjang utk brtmu di depan batang tubuh.


Kepala lebih tegak dan leher lbh terbentuk. Kelopak mata hampir menutup mata. Sampai saat ini mata sudah terbuka. Telinga luar terlihat jelas dan terbentuk dengan baik.

Ibu :
Tiap mingggu rahim Anda tumbuh membesar dengan bayi yang sedang tumbuh di dalamnya. Anda mungkin mulai melihat ukuran pinggang Anda tumbuh menebal pada saat ini. Pada minggu ini ANda juga mengalami peningkatan volume darah.

Minggu 10 (Usia Janin 8 Minggu)

Janin :
Panjang dari kepala ke bokong janin Anda sekitar 1,25 sampai 1,68 inci (31 sampai 42 mm). Pada saat ini, kita dapat memperkirakan berat badan bayi. Sebelum minggu ini, beratnya masih terlalu kecil untuk mengukur perbedaan mingguan. Sekarang, bayi mulai memiliki berat badan. Berat badan bayi sekitar 0,18 ons (5 g).


Mendekati akhir minggu 10, perkembangan organ dan tubuh sudah mulai berjalan. Bayi ANda mulai tampak sebagai manusia.

Ibu :
Perubahan terjadi perlahan dan anda masih belum menampakkan perubahan besar. Anda mungkin memikirkan dan melihat pakaian hamil, tetapi anda mungkin belum membutuhkannya. Dan sangat lumrah jika payudara Anda terasa gatal dan sakit di awal kehamilan.

Minggu 11 (Usia Janin 9 Minggu)

Janin :
Pada minggu ini, panjang bayi Anda dari kepala sampai bokong adalah 1,75 sampai 2,4 inci (44 sampai 60 mm). Berat janin sekitar 0,3 ons (8 g). Sekarang pertumbuhan janin sudah cepat. ALat kelamin luar mulai memperlihatkan ciri-ciri yang bisa dibedakan.


Ibu :
Anda hampir berada di akhir trimester pertama, rahim ANda masih terus tumbuh bersama janin di dalamnya. Janin sudah cukup besar untuk mengisi panggul dan mungkin bisa dirasakan di bag.bawah perut Anda.

Minggu 12 (Usia Janin 10 Minggu)

Janin :
Berat bayi anda antara 0,3 dan 0,5 ons (8 sampai 14 g), dan panjang kepala sampai bokong hampir 2,5 inch (61 mm). Panjang bayi dapat diukur lebih baik pada saat ini daripada berat janin. Pada kunjungan 12 minggu anda (atau mendekati), anda bisa mendengar detak jantung bayi anda! detak jantungnya dapat didengar dengan doppler, mesin pendengar spesial (bukan stetoskop). Alat itu membesarkan suara detak jantung bayi anda sehingga anda dapat mendengarnya.


Sekarang sistem rangka memusatkan pada pembentukan tulang (osifikasi) pada sebagian besar tulang. Jari tangan dan kaki telah terpisah, dan kuku berkembang. Rambut mulai tampak di tubuh. Genital eksternal mulai menunjukkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Sistem pencernaan (usus halus) mampu menghasilkan kontraksi yang mendorong makanan melalui usus besar. Juga dapat mengabsorbsi glukosa (gula). Pada dasar otak bayi anda, kelenjar pituitari mulai membuat hormon. Hormon adalah zat kimia yang dibuat dalam satu bagian dari tubuh, tetapi digunakan pada bagian tubuh lainnya.

Hal lain juga terjadi. Sistem saraf janin berkembang lebih jauh. Bayi anda bergerak dalam rahim anda, tetapi anda belum merasakannya. Janin bisa mengedipkan mata, membuka mulut dan menggerakkan jari tangan atau kakinya.

Jumlah cairan amniotik meningkat. Total volume sekarang sekitar 1,5 ons (50ml). Pada saat ini, cairannya sama dengan plasma ibu (bagian nonseluluer dari darah anda), kecuali mengandung sedikit sekali protein.

Ibu :
Anda mungkin merasakan rahim ada di atas tulang pinggang Anda. Anda mulai merasa lebih baik daripada sebelumnya. Pada saat ini, morning sickness mulai membaik. Anda belum terlalu besar dan mungkin masih cukup nyaman.

Jika ini kehamilan pertama, anda mungkin masih mengenakan pakaian biasa. Jika kehamilan ini bukan yang pertama, anda mulai menampakkan perubahan lebih awal dan merasa lebih nyaman dengan pakaian yang longgar, seperti pakaian hamil.

Anda mulai makin besar di beberapa bagian tubuh selain rahim anda. Payudara anda mungkin membesar. Kadang terasa sakit. Anda juga mengalami penambahan berat di bagian pinggul, kaki dan pinggang.

Nah..itu bahasan di Trimester pertama semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda..Selamat menjalani kehamilan :)

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar