Laman

Jumat, 09 Desember 2011

Trimester III : Kehamilan Minggu 33 (Usia Janin 31 Minggu)

Janin :
Berat badan bayi Anda sekitar 4,4 pon (2 kg) pada minggu ini. Panjang dari kepala ke bokong sekitar 12 inci (30 cm) dan total panjangnya 19,4 inci (43 cm).


Tulang-tulangnya semakin mengeras dan bergabung menjadi satu sehingga memudahkan janin untuk bergerak dan memasuki saluran ketika dilahirkan nanti (panggul). Tulang ini belum berfusi (bergabung) secara sempurna sampai saat remaja nantinya, karena itulah tulang dapat tetap tumbuh seperti layaknya jaringan otak. Mata janin sudah dapat mengenali cahaya dengan berkonstriksi dan berdilatasi ketika terpapar oleh cahaya. Perkembangan paru janin hampir sempurna dengan lemak tubuh yang terus berakumulasi di bawah kulitnya untuk perlindungan dan menjaga kehangatan janin. Berat badan janin akan meningkat drastis dalam beberapa minggu terakhir sebelum dilahirkan.

Cairan ketuban mencapai level terbanyak pada trimester ini dan akan memiliki jumlah yang tetap sampai saat melahirkan tiba. Sejak minggu ini janin umumnya berada pada presentasi kepala, yaitu posisi cephalic atau posisi kepala di bawah. Namun apabila Ibu tidak mendapatkan posisi janin seperti ini di dalam rahim, masih ada waktu untuk janin berubah posisi. Umumnya dokter menganjurkan posisi tertentu agar janin memutar posisinya. Apabila janin tetap berada pada posisi sungsang di saat akan melahirkan natinya, dokter Ibu dapat merekomendasikan operasi sesar.

Ibu :
Pengukuran dari simfisis pubis Anda sekarang sekitar 13,2 inci (33 cm) ke bagian atas rahim. Pengukuran dari pusar ke bagian atas rahim anda sekitar 5,2 inci (13 cm). Penambahan berat badan total Anda antara 22 dab 28 pon (9,9 dan 12,6 kg).

Semakin besar rahim Ibu akan mempermudah terjadinya heartburn. Makanlah dalam jumlah kecil namun sering (6x/hari) dan pertahankan posisi tegak setelah makan dapat mengurangi gejala heartburn.

Terdapat beberapa pilihan untuk mengurangi nyeri di kala melahirkan nanti, diantaranya adalah teknik bernapas seperti yang diajarkan di kelas Lamaze, obat pereda rasa nyeri melalui suntikan, dan bius epidural. Obat untuk meredakan rasa nyeri akan diberikan oleh dokter sesuai dengan indikasi.

Tip untuk Minggu 33 :
Jangan berhenti makan atau mulai mengurangi makan saat berat badan anda meningkat. Baik anda maupun bayi anda membutuhkan kalori dan zat gizi yang anda dapatkan dari makanan yang sehat.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar