Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 13 (Usia Janin 11 Minggu)

Assalamu'alaikum..

Sekarang kita akan bahas perkembangan janin di Trimester kedua. Trimester kedua merupakan tahapan paling nyaman di dalam 3 jenjang kehamilan. Keluhan-keluhan Ibu akan menghilang dan selera makan Ibu kembali normal. Yang paling menyenangkan di trimester ini adalah Ibu dapat merasakan gerakan janin. Berat badan Ibu akan mulai bertambah dan orang di sekitar Ibu akan menyadari bahwa Ibu sedang hamil.

Janin :
Janin anda tumbuh dengan cepat! Panjang dari kepala ke bokong adalah 2,6 sampai 3,1 inch (65 sampai 78 mm), dan bertanya antara 0,5 dan 0,7 ons (13 sampai 20 g).


Pertumbuhan janin sangat menyolok dari sekarang sampai sekitar 24 minggu kehamilan. Panjang bayi Anda berlipat ganda sejak minggu ketujuh. Perubahan dalam berat janin juga sangat besar selama 8 sampai 10 minggu kehamilan terakhir. Satu perubahan menarik adalah relatif melambatnya pertumbuhan kepala bayi anda dibandingkan anggota tubuh lainnya. Pada minggu 13, kepala sekitar setengah dari panjang dari kepala ke bokong. Pada minggu 21, kepala sekitar sepertiga dari tubuh bayi. Pada saat lahir, kepala bayi anda hanya seperempat dari ukuran tubuhnya. Pertumbuhan tubuh janin cepat sedangkan pertumbuhan kepala janin melambat.

Wajah bayi anda mulai lebih mirip manusia. Mata di sisi kepala, bergerak lebih dekat pada wajah. Telinga mulai berada di posisi normalnya pada sisi wajah. Genital eksternal sudah cukup berekmbang sehingga laki-laki dapat dibedakan dengan perempuan bila diperiksa di luar rahim.

Usus halus mulai berkembang dalam tali pusar di luar tubuh janin. Pada saat ini, usus berada di dalam rongga perut. Jika hal ini tidak terjadi dan usus halus tetap tinggal di luar perut janin saat lahir, keadaan ini disebut omfalokel. Kejadiaan ini jarang (terjadi 1 dari 10.000 kelahiran). Keadaan ini biasanya dapat diperbaiki dengan operasi, dan bayi akan sehat setelah itu.

Ibu :
Rahim Anda mulai berkembang. Anda mungkin dapat merasakan tepi atasnya di atas tulang pinggang di bagian terbawah perut ANda, kurang lebih 4 inci (10 cm) di bawah pusar Anda. Pada 12 sampai 13 minggu, rahim mengisi panggul Anda dan mulai tumbuh ke atas ke arah perut ANda. Rahim terasa seperti bola yang halus dan lembut.

Anda mungkin mengalami penambahan berat sekarang. Jika morning sickness menjadi masalah dan Anda sulit makan, penambahan berat badan Anda mungkin tidak banyak. Bila anda merasa lebih baik dan bayi Anda dengan cepat bertambah berat, Anda akan mengalami penambahan berat badan.

Anda mungkin memperhatikan payudara anda berubah. Kelenjar susu (mammary gland), nama lain untuk payudara, berasal dari bahasa Latin untuk payudara—mamma. Payudara anda mengandung kelenjar, jaringan penghubung untuk memberikan dukungan dan jaringan lemak untuk memberikan perlindungan. Kantung yang menghasilkan susu berhubungan dengan saluran yang menuju puting.

Sebelum kehamilan, rata-rata beratnya sekitar 7 ons (200 g). Selama kehamilan, ukuran dan berat payudara meningkat. Mendekati akhir kehamilan, berat masing-masing payudara 14 sampai 28 ons (400 sampai 800 g.) Selama menyusui, masing-masing payudara seberat 28 ons (800 g) atau lebih!

Ukuran dan bentuk payudara wnaita sangat bervariasi. Jaringan payudara biasanya berada di bawah lengan. Kelenjar yang membangun payudara mempunyai slauran dalam putting. Setiap puting mengandung ujung saraf, serat otor, kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan sekitar 20 saluran susu.

Puting dikelilingi oleh areola, daerah yang melingkar dan berwarna, sebelum hamil, areola biasanya berwarna merah muda. Kemudian berubah menjadi coklat atau merah kecoklatan dan membesar selama kehamilan dan menyusui. Areola yang menghitam bertindak sebagai tanda visual untuk bayi yang menyusui.

Payudara mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Dalam minggu awal, gejala kehamilan umumnya, adalah rasa gatal atau sakit pada payudara. Setelah sekitar 8 minggu kehamilan, payudara anda membesar dan membengkak karena kelenjar dan saluran di dalam payudara bertumbuh dan berkembang. Sementara payudara anda berubah selama kehamilan, anda mungkin juga memperhatikan vena yang muncul tepat di bawah kulit.

Selama trimester kedua, cairan berwarna kekuning-kuningan yang disebut kolostrum mulai terbentuk. Kadang dapat terlihat dari puting dengan pijitan lembut. Jika payudara anda bertumbuh, anda mungkin melihat stretch mark pada payudara anda sama dengan yang ada di perut anda.

Kelenjar susu mulai berkembang dalam usia embrio 6 minggu. Pada saat kelahiran, saluran susu muncul. Setelah lahir, payudara bayi yang baru lahir mungkin membengkak dan bahkan mengeluarkan sejumlah kecil susu. Hal ini terjadi baik pada bayi laki-laki maupun bayi perempuan dan disebabkan oleh sekresi estrogen.

Tip untuk Minggu 13 :
Saat mengurangi kafein selama kehamilan, bacalah label. Lebih dari 200 makanan, minuman, dan obat-obatan bebas mengandung kafein!

Semoga bermanfaat dan Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar