Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Trimester II : Kehamilan Minggu 16 (Usia Janin 14 Minggu)

Janin :
Panjang bayi Anda dari kepala ke bokong pada minggu ini adalah 4,3 sampai 4,6 inci (108 sampai 116 mm). Beratnya sekitar 2,8 ons (80 g). Pada minggu ini, rambut lanugo tipis menutupi tubuh dan kepala bayi.


Tali pusar menempel di perut; pelekatan ini bergerak lebih bawah pada tubuh janin. Kuku jari terbentuk sempurna. Kaki lebih panjang daripada tangan. Tangan dan kaki bergerak. Anda dapat melihat gerakan ini saat pemeriksaan USG. Anda juga dapat merasakan gerakan bayi anda pada saat ini dalam kehamilan anda.

Banyak wanita menggambarkan gerakan ini sebagai “gelembung gas” atau “denyut.” Seringkali, anda telah melihatnya beberapa hari yang lalu, tetapi Anda tidak menyadari apa yang anda rasakan. Lalu, terjadi pada anda: Anda merasakan bayi bergerak di dalam anda!

Kepala berada pada posisi lebih tegak sekarang, matanya sudah berpindah lebih dekat ke bagian depan wajah, dan telinga janin sudah hampir mencapai posisi akhir sehingga fungsi mendengar janin sudah mulai berfungsi. Pola dari tulang tengkorak janin mulai terbentuk. Jantung janin saat ini memompa sejumlah darah setiap harinya dan akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin.

Janin Ibu sudah hampir sempurna sekarang dengan pertumbuhan bulu mata dan alis namun masih terlihat kurus karena belum terdapat lemak di tubuhnya. Kulit janin masih tipis sampai kita dapat melihat pembuluh darah di baliknya. Produk sisa dari sekret (cairan) pencernaan dan cairan amnion disebut mekonium sudah mulai terakumulasi di usus. Janin Ibu akan mengosongkan kandung kemihnya setiap 40 – 45 menit.

Ibu :
Saat bayi Anda bertumbuh, rahim dan placenta juga bertumbuh. Enam minggu yang lalu, berat rahim Anda sekitar 5 ons (140 g). sekarang, beratnya sekitar 8,75 ons (250 g). jumlah air ketuban di sekeliling bayi juga meningkat. Sekarang cairannya sekitar 7,5 ons (250 ml). Anda dapat merasakan rahim Anda dengan mudah sekitar 3 inci (7,6 cm) di bawah pusar Anda.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Ibu akan mulai merasakan sensasi luar biasa dari kehamilan yaitu pergerakan dari janin. Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 – 20, waktunya berbeda di antara wanita. Apabila ini adalah kehamilan pertama maka Ibu harus lebih banyak bersabar karena beberapa Ibu baru merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai ‘gelembung gas’ atau ‘denyut’. Bila Ibu sudah pernah hamil sebelumnya maka Ibu akan tahu bahwa perasaan ini merupakan pergerakan janin.

Cairan tubuh Ibu yang meningkat membuat kulit Ibu lebih lembut, peningkatan pembuluh darah membuat kulit Ibu menjadi lebih bersih dan bercahaya. Nafsu makan Ibu akan mulai meningkat trimester ini. Untuk mengatasinya, Ibu sebaiknya meningkatkan frekuensi makan makanan kecil 3-4x/hari sebagai tambahan pada makanan reguler. Makanan kecil sebaiknya bergizi seperti salad, telur rebus, roti gandum dengan selai kacang, keju rendah lemak, dan jus buah.

Tip untuk Minggu 16 :
Mulai sekarang belajarlah untuk tidur miring. Ini akan terasa manfaatnya ketika perut Anda bertambah besar. Kadang-kadang Anda perlu menggunakan bantal tambahan. Letakkan bantal di belakang Anda sehingga pungggung Anda bersandar pada bantal, Anda tidak akan tidur rata. Letakkan sebuah bantal lainnya di antara kaki Anda, atau istirahatkan kaki "atas" Anda di atasnya.

Salam Senyum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar